Kelebihan dan Kekurangan Macbook Pro

April 25, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Macbook Pro – Saya menggunakan Apple Macbook Pro 13″ with Retina Display sejak bulan September 2015. Saya membelinya di Best Buy – Columbus. Pada saat membelinya, saya mendapatkan banyak sekali potongan harga, sehingga saya hanya mengeluarkan uang sebesar $1050 ketika membayar notebook ini.

Karena tak ada gading yang tak retak, Apple Macbook Pro 13″ with Retina Display hadir dengan beberapa kelebihan serta beberapa kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan selama beberapa bulan menggunakan notebook ini.


Kelebihan

1. Kualitas layar yang sangat tajam
Boleh dikatakan, layar macbook pro with retina display merupakan layar komputer terbaik yang pernah saya gunakan. Layarnya begitu tajam sehingga apabila anda suka dengan fotografi, anda akan dapat melihat hasil jepretan anda secara jelas. Hal ini saya rasakan karena sebelumnya saya menggunakan notebook dari produsen lain (SUSA) dengan layar biasa. Ketika menggunakan notebook tersebut, saya selalu tidak puas dengan hasil jepretan saya. Namun, hal berbeda ketika saya membuka hasil jepretan saya di macbook pro 13″. Hasil jepretan saya terlihat sangat lebih jelas.

Perbandingan Retina Display pada Macbook Pro 13″ dengan Notebook lain
(sumber: https://www.youtube.com/watch?v=i0d2N8PeIwQ)
2. Booting yang sangat cepat
Ketika menggunakan macbook pro 13″,  saya tidak membutuhkan waktu yang lama ketika ingin menghidupkan atau mematikan notebook ini. Apabila saya prediksi, saya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik untuk melakukan keduanya.

3. Trackpad yang luas dan powerfull
Trackpad dari macbook pro 13″ sangat cukup luas sehingga anda tidak akan merasa kecewa ketika menggunakannya. Tekstur dari trackpadnya juga terasa sangat pas ketika disentuh. Selain itu, trackpad ini sangat powerfull! Anda dapat melakukan banyak hal dengan trackpad ini.
Berbagai Fungsi yang dapat dilakukan dengan Trackpad dari Macbook Pro
(sumber: http://www.ehomeupgrade.com/2008/02/26/apple-intros-new-macbook-and-macbook-pro-models-featuring-multi-touch-trackpad/)

4. Jarang Hang (Freezing)
Boleh dikatakan, selama saya menggunakan macbook pro 13″, jarang sekali saya menemukan komputer saya hang (freezing). Tapi ingat ya “jarang” bukan “tidak pernah”. Sesekali saya juga pernah menemukan macbook saya hang, hanya saja frekuensinya jauh jika dibandingkan ketika saya menggunakan notebook saya sebelum-sebelumnya. Jika macbook kamu hang, kamu bisa mem-force quit aplikasi yang freezing dengan cara ini: Force an app to close on your Mac.

5. Aplikasi weather yang cukup informatif
Apple macbook pro memberikan kita sebuah dedicated aplikasi weather yang cukup informatif. Dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui perkiraan cuaca 5 jam kedepan dan 5 hari kedepan secara mudah. Cukup mengklik bagian pojok kanan atas, maka aplikasi weather ini akan muncul. Selain informasi cuaca, kita dapat mengintegrasikan aplikasi ini dengan google calendar sehingga kita data melihat jadwal kegiatan kita secara cepat dan mudah.

Aplikasi Weather di Macbook Pro 13″


Kekurangan

1. Notebook yang cukup berat
Berdasarkan situs resmi dari apple (http://www.apple.com/macbook-pro/specs-retina/), berat dari macbook pro 13″ adalah 1.58kg. Karena tidak begitu percaya dengan apa yang ada di situs tersebut, saya pernah mencoba menimbang sendiri dengan timbangan koper, dan dari timbangan tersebut saya mengetahui bahwa berat macbook saya adalah sekitar 2kg. Dengan catatan, macbook saya sudah saya beri hardshell cover. Dibandingkan dengan laptop lama saya yang hanya seberat 1.5kg-an, macbook ini jelas lebih berat.

2. Kurang Mouse Friendly
Saya tidak tau mengapa, ketika saya mencoba menghubungkan wireless mouse saya (Logitech M320) dengan macbook saya, mouse saya berjalan sangat lambat (cenderung seperti nge-lag). Walhasil, sampai sekarang saya lebih sering menggunakan trackpad yang tersedia daripada menggunakan external mouse.

3. Banyak software yang tidak kompatibel
Fakta paling menyedihkan dari Mac adalah banyak sekali software yang tidak kompatible dengan mac. Sejak SMA saya suka sekali menggunakan CorelDRAW. Hanya saja, Corel (sebatas pengetahuan saya) tidak pernah menyediakan CorelDRAW yang bekerja di MacOS. :(


Several pictures of my MacBook:
My Macbook Pro 13″
Apps di Macbook Pro Saya (1)
Apps di Macbook Pro Saya (2)

Semoga tulisan ini dapat membantu anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli macbook pro 13″ with retina display.

Sekian dulu ya.. Nanti kalau ada waktu lagi akan saya update.

This post was originally posted on my previous blog (ardiyanblog.com) on April 25, 2016

You Might Also Like

0 comments