Apa aja sih yang didapat Penerima Beasiswa LPDP?

February 07, 2018


Penerima Beasiswa atau yang biasa disebut dengan Awardee LPDP menerima berbagai macam pendanaan selama proses persiapan dan pada saat menjalani studi lanjutnya. Pendanaan tersebut meliputi dana pendidikan serta dana pendukung. Contoh dari dana pendidikan adalah dana SPP dan dana tunjangan buku, sedangkan  contoh dari dana pendukung adalah dana hidup bulanan serta tunjangan keluarga. Selain pendanaan, awardee juga menerima beberapa surat penting seperti Letter of Sponsorship serta sebuah pelatihan sebelum awardee memulai kuliah. Berikut sedikit penjelasan dari apa yang diterima awardee LPDP berdasarkan pengalaman saya sebagai salah satu awardee LPDP di Amerika Serikat.

Dana Pendidikan

Dana Pendaftaran
LPDP akan mengganti biaya aplikasi universitas (application fee) yang sudah dikeluarkan saat mendaftar di universitas tujuan. Namun, penggantian biaya aplikasi hanya berlaku untuk satu universitas. Oleh karena itu, kalau kamu mendaftar lebih dari satu universitas seperti saya, kamu harus menggunakan kocekmu sendiri untuk biaya aplikasinya.

Dana SPP/Tuition Fee
Dana SPP merupakan komponen dana terbesar yang dikeluarkan LPDP untuk setiap awardee. Biasanya dana ini dibayarkan langsung oleh LPDP ke pihak kampus.

Dana Tunjangan Buku
Dana buku yang diterima oleh awardee LPDP adalah sebesar 10 juta rupiah untuk setiap tahun. Apabila diubah ke USD, biasanya saya menerima dana buku sekitar $730 untuk setiap tahun. Besarnya dana buku ini sama besarnya untuk awardee LPDP di mana saja.

Dana Pendidikan lainnya
Selain berbagai dana pendidikan yang sudah saya uraikan, awardee LPDP juga dapat menerima beberapa jenis pendanaan lain seperti dana bantuan penelitian, dana bantuan publikasi jurnal internasional, serta dana wisuda. Hanya saja, saya belum pernah mencoba mengajukan pendanaan tersebut, sehingga saya belum bisa bercerita secara detail..hehe..


Dana Pendukung

Dana Hidup Bulanan (Living Allowance)
Dana hidup bulanan yang diterima oleh awardee LPDP tergantung dari lokasi universitas tujuan. Semisal di Amerika Serikat, ada 3 pagu living allowance (LA) yang digunakan. Kalau tidak salah tiga pagu tersebut adalah $1,500, $1,700, dan $1,900. Pagu terendah diperuntukkan untuk kota kecil di Amerika Serikat seperti Columbus. Sedangkan pagu tertinggi diperuntukkan untuk kota besar seperti New York. Karena saya tinggal di kota kecil, besaran LA yang saya terima tiap bulannya adalah sebesar $1,500.

Tunjangan Keluarga (Family Allowance)
Tunjangan keluarga yang diterima oleh awardee LPDP sebesar 25% dari biaya hidup bulanan yang diterima untuk setiap anggota keluarga. Dengan catatan, LPDP hanya akan memberikan tunjangan keluarga maksimal untuk dua anggota keluarga. Menurut diskusi di grup penerima beasiswa LPDP, untuk saat ini, hanya awardee LPDP yang menempuh studi doktoral yang bisa mendapatkan tunjangan keluarga.

Dana Asuransi Kesehatan
LPDP menanggung pembiayaan asuransi basic untuk setiap awardee. Untuk mahasiswa yang di Ohio State University, LPDP membayarkan langsung dana asuransi tersebut ke pihak kampus.

Dana Transportasi
Dana transportasi biasanya diwujudkan dengan pembelian tiket pada saat kedatangan ke universitas tujuan serta tiket saat awardee akan pulang setelah menyelesaikan studinya. Setahu saya, hingga saat ini belum ada ketentuan khusus untuk menggunakan maskapai plat merah saat tiket tiket tersebut.

Dana Aplikasi Visa
Dana aplikasi visa digunakan untuk membayar keperluan aplikasi visa. Untuk visa Amerika ada dua hal yang harus dibayar. Yang pertama adalah biaya aplikasi visa itu sendiri. Sedangkan yang kedua adalah biaya Sevis.

Dana Kedatangan (Settlement Allowance)
Dana kedatangan atau Settlement allowance (SA) diberikan dalam dua termin. SA pertama diberikan saat awardee masih di Indonesia. Sedangkan SA kedua diberikan setelah awardee sampai di universitas tujuan. Besarnya satu kali SA sama dengan besarnya LA untuk satu bulan.


Letter of Sponsorship
Letter of sponsorship (LoS) adalah semacam surat jaminan bahwa LPDP akan menjadi donor pembiayaan selama awardee menjalankan studi lanjut. Surat ini sangat penting terutama saat proses aplikasi ke universitas tujuan. Selain itu, surat ini akan menjadi bukti financial capability untuk hidup di luar negeri ketika awardee mengajukan aplikasi Visa. Selain itu, surat ini juga berguna ketika saya hendak memohon bantuan finansial seperti saat anak saya harus mendapatkan pengobatan dari rumah sakit di Amerika Serikat.

Pelatihan 'Persiapan Keberangkatan'
Setiap awardee LPDP wajib mengikuti pelatihan 'Persiapan Keberangkatan' atau yang biasa disingkat dengan PK. PK merupakan sebuah pembekalan persiapan studi selama beberapa hari yang diselenggarakan oleh LPDP. Saya sendiri dulu terdaftar di PK Angkatan ke-24 yang diselenggarakan pada bulan Januari 2015.


Thanks to LPDP

Sekian dulu ya cerita tentang beasiswa lpdp-nya.
Semoga bermanfaat :)

Columbus, 7 Februari 2018

You Might Also Like

0 comments