Apa sih Graduate Record Examination (GRE) itu?

May 22, 2014

Apa sih Graduate Record Examination (GRE) itu? - Graduate Record Examination (GRE) merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengukur potensi akademik seseorang ketika akan melanjutkan studi lanjut (pascasarjana). Tes ini diperlukan sebagai salah satu syarat bagi seseorang yang ingin melanjutkan studinya di Amerika Serikat atau negara lain dengan sistem pendidikan yang mirip dengan AS (seperti: Singapura dan Saudi Arabia).

Logo GRE
(Sumber: https://gre.crackverbal.com/ets-gre-official-guide-review/)

GRE dibuat dan diselenggarakan oleh suatu lembaga yang bernama Educational Testing Service (ETS), suatu lembaga yang juga membuat dan menyelenggarakan sebuah tes kemampuan bahasa inggris yang paling terkenal di dunia yaitu TOEFL. Di Indonesia sendiri, ETS baru mempercayakan pada satu lembaga yang ditunjuk sebagai institusi penyelenggara tes GRE. Lembaga tersebut adalah Indonesian International Education Foundation (IIEF) yang berlokasi di Menara Imperium (bersebelahan dengan Gedung KPK).

GRE memiliki tiga bagian yang terdiri dari Analytical Writing, Verbal Reasoning, dan Quantitative Reasoning. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tes ini adalah sekitar 4.5 jam. Biaya yang diperlukan untuk mengikuti tes ini adalah sebesar $195 yang harus dibayar dengan kartu kredit. Registrasi tes GRE dapat dilakukan melalui website: http://www.ets.org/gre.

Menara Imperium (difoto dari halte transjakarta)


Sekian – Semoga Bermanfaat.

This article was originally posted at my previous blog: ardiyanblog.wordpress.com on May 22, 2014

You Might Also Like

0 comments