Alat Tulis Amerika yang berbeda dengan Indonesia

February 15, 2016

Alat Tulis Amerika yang berbeda dengan Indonesia – Tidak hanya letak kemudi mobil yang berbeda (Indonesia di kanan, Amerika di kiri), beberapa alat tulis di Amerika berbeda jauh dengan apa yang di Indonesia. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ukuran ataupun bentuknya. Berdasarkan observasi yang saya lakukan, berikut beberapa alat tulis di Amerika Serikat yang berbeda dengan yang ada di Indonesia.

1. Staples
Staples yang digunakan di Indonesia mengadaptasi staples Jepang. Sedangkan, orang Amerika sepertinya membuat standar staples sendiri sehingga staples yang mereka gunakan lebih lebar jika dibandingkan dengan staples yang ada di pasaran Indonesia.

2. Kertas loose leaf (loose leaf paper)
Kertas loose leaf di Indonesia berukuran A5 dan memiliki banyak lubang. Sedikit berbeda, kertas loose leaf orang Amerika berukuran letter dan hanya memiliki tiga lubang. Karena ukurannya letter, maka kertas loose leaf Amerika jauh lebih besar daripada yang ada di Indonesia.

Kertas loose leaf di Indonesia
(sumber gambar: http://id.priceaz.com/price/isi-kertas-binder-2ffile-2floose-leaf-14387131364542264162.html)

Kertas loose leaf di Amerika
(sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Looseleaf.JPG)

3. Pembolong Kertas (paper puncher)
Karena kertas loose leaf orang Amerika hanya terdiri dari tiga lubang, maka pembolong kertasnya pun akan membuat 3 lubang untuk setiap kertas yang dimasukkan. Oleh karena itu, pembolong kertas di Amerika disebut dengan 3-hole puncher. Pembolong kertas ini sangat berbeda dengan pembolong kertas Indonesia yang hanya akan membuat 2 lubang untuk setiap kertas yang dimasukkan.
Pembolong kertas di Indonesia
(sumber: http://www.tokojadi.net/detail/kenko-hole-punch-no-85xl-274.html)
Pembolong kertas di Amerika
(sumber: http://www.walmart.com/ip/Master-30-Sheet-3-Hole-Punch-Black/14922546)

4. Isi pensil mekanik (pencil lead)
Bagi kita orang Indonesia yang sering menggunakan pensil mekanik, kita akan sering menggunakan isi pensil jenis 2B. Hanya saja, isi pensil jenis ini jarang sekali ditemukan di Amerika. Isi pensil mekanik yang banyak ditemukan di sini adalah jenis HB. Mungkin hal ini terjadi karena orang Amerika memiliki tangan yang lebih besar, sehingga isi pensil jenis 2B akan mudah patah di tangan mereka. Hal ini disebabkan karena isi pensil jenis 2B lebih lunak daripada jenis HB.

5. Kertas HVS (copy paper)
Kertas HVS yang dijual di pasaran Indonesia berukuran A4 atau F4. Sedangkan ukuran kertas HVS yang digunakan oleh orang Amerika adalah letter. Oleh karena itu, apabila kita menggunakan Ms. Word, default setting dari kertas yang kita gunakan adalah letter. Hal ini terjadi karena Ms. Word dibuat di Amerika. hehe..
Perbandingan Kertas ukuran A4 dengan ukuran letter
(sumber gambar: http://betweenborders.com/wordsmithing/a4-vs-us-letter/)


Sekian dulu cerita mengenai alat tulisnya.

Semoga bermanfaat. 🙂


This article was originally published n my previous blog: ardiyanblog.wordpress.com on Feb 15, 2016

You Might Also Like

0 comments